Facebook Laju Digital, Bantu UKM di Bali Jangkau Pasar Lebih Luas

Facebook.inc membuat sebuah program untuk membantu UKM khususnya di Indonesia dengan nama “Facebook Laju Digital”. Program tersebut telah dimulai pada tahun 2018, dan kini pada tanggal 3 Juni 2019 tim BOC Indonesia berkesempatan untuk hadir dalam agenda tersebut.

Siapa yang tak kenal Facebook, platform media sosial terbesar di Dunia yang juga memiliki Instagram dan WhatsApp. Melalui tiga platform tersebut, Facebook memiliki ratusan juta pengguna aktif setiap harinya.

Dengan potensi tersebut, Facebook memberikan fasilitas khusus bagi para pebisnis untuk memanfaatkan jaringan yang disediakan. Mulai dari Facebook Page, Instagram Business hingga WhatsApp Business. Namun mungkin belum semua UKM bisa menggunakan tiga platform tersebut, terutama di Indonesia.

Agenda Facebook Laju Digital di Bali

Facebook Laju Digital Bali diadakan di Nusa Dua, dan mengundang pelaku UKM di Bali. Melalui tulisan ini, kami akan bagikan apa saja yang dibahas pada forum tersebut agar teman teman UKM lainnya yang belum sempat datang bisa mengikuti perkembangannya.

Secara garis besar, Facebook ingin kita memanfaatkan platform yang dikembangkan oleh mereka karena besarnya potensi pasar. Jumlah pengguna aktif Facebook sendiri 130 juta orang, belum termasuk pengguna Instagram dan WhatsApp. Jumlah pengguna yang banyak bisa menjadi peluang UKM untuk memasarkan produk atau jasa melalui platform tersebut.

Lebih detailnya, kita bahas sekarang..

Beriklan di Facebook

Agar bisa menjangkau ribuan hingga jutaan calon konsumen, kita bisa menggunakan fasilitas iklan Facebook yang juga akan muncul di Instagram dan Audience Network.

Tentunya besaran jangkauan ditentukan dari anggaran iklan yang disediakan, semakin besar maka jangkauannya semakin luas. Namun agar bisa memberikan hasil yang lebih baik, ketika memasang iklan di Facebook, wajib memperhatikan tujuan pemasangan iklan, pemilihan target audien, penempatan dan format iklan serta mengawasi kinerja iklan.

Berbisnis Melalui Instagram

Instagram merupakan platform media sosial terbesar setelah Facebook. Instagram memiliki misi untuk membawa yang dicintai lebih dekat. Maka ketika membuat konten bisnis di Instagram kita harus memberikan sesuatu yang bernilai dan berarti untuk audien.

Konten konten di Instagram bisa mempengaruhi audien untuk mengambil tindakan seperti mencari, membagi dan membeli. Agar lebih optimal, tim Instagram memberikan tiga tips berbisnis di Instagram, pertama gunakan profil bisnis, kemudian kenali pelanggan dengan baik, berikan konten yang mereka sukai, terakhir jalin interaksi melalui hashtag yang relevan, komentar serta direct message.

Pelaku bisnis juga bisa memanfaatkan fitur story dan highlight untuk penjualan dan promosi, pengumuman peluncuran produk, momen eksklusif, tutorial dan behind the scene.

Menjalin Komunikasi Dengan WhatsApp

Untuk mendukung kegiatan bisnis, WhatsApp melengkapi platformnya dengan fitur fitur bisnis seperti menampilkan profil dan jam kerja, pengategorian kontak, hingga membuat pesan otomatis.

WhatsApp Business juga bisa diintegrasikan dengan layanan iklan Facebook agar konsumen bisa langsung menghubungi ke nomer WhatsApp.

Kebijakan Iklan dan Metode Pembayaran

Tidak semua produk atau jasa bisa diiklankan di Facebook. Terdapat pelarangan dan pembatasan iklan untuk produk produk tertentu. Seperti obat obatan terlarang, minuman keras, rokok, senjata tajam dan produk dewasa. Facebook akan meninjau produk, konten iklan, dan landing page atau website sasaran agar sesuai dengan kebijakan mereka.

Kita bisa melakukan pembayaran melalui kartu debit dan kredit, melalui bank transfer, paypal dan kupon.

Jadi, Mau Mencoba Facebook Laju Digital?

Dengan potensi dan fitur yang ditawarkan Facebook, Anda memiliki pilihan untuk memaksimalkannya atau menggunakan platform mereka sekedarnya.

Anda bisa belajar langsung ke Facebook melalui Facebook Blueprint atau mencari berbagai tutorialnya di internet. Bisa juga dengan mengikuti workshop yang diadakan oleh praktisi digital marketing. Jika tidak ada waktu untuk belajar, Anda bisa merekrut staff atau agency digital marketing untuk memaksimalkan media sosial bisnis.

Semoga Facebook Laju Digital masih akan melanjutkan programnya agar UKM di Bali bisa mendapatkan manfaat dan peluang dari Facebook secara maksimal.

Jika ada pertanyaan atau pendapat lain tentang Facebook Laju Digital, silahkan beri komentar dibawah ini ya.

BOC Digital

BOC Digital

Divisi digital marketing BOC Indonesia menyediakan jasa pembuatan website, online ads dan content management.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Estimasi Biaya Pembuatan Website di Indonesia [Update: 2020]

Apakah Anda pemilik bisnis yang ingin membuat website tapi belum tau berapa estimasi biaya pembuatan website? Atau Anda ingin menawarkan jasa pembuatan website ke klien pertama? Umumnya, penyedia jasa menyediakan paketan harga ratusan ribu hingga jutaan, bahkan ada...

Persiapan Pembuatan Website [+7 Hal yang Harus Ada]

Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berisikan kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio, video maupun gabungan dari semuanya yang biasanya dibuat untuk personal, organisasi dan perusahaan. Website menjadi sebuah...

Belajar Copywriting Untuk Pemula [4 Formula Copywriting]

Copywriting adalah teknik penulisan persuasif yang biasa digunakan dalam aktivitas pemasaran, terutama dalam periklanan. Teknik tersebut dapat Anda pelajari dengan mudah, hanya memerlukan latihan agar menjadi ahli dalam membuatnya. Disini Anda akan belajar copywriting...