5 HAL YANG HARUS ANDA PERHATIKAN PADA SOCIAL MEDIA MARKETING


blog1Media sosial kini telah menjadi salah satu pilihan untuk memasarkan produk dan jasa, memiliki aktifitas percakapan, menyampaikan dan bertukar informasi. Ini adalah standar bisnis yang sekarang terjadi di abad ini.

Namun, sosial media marketing adalah pedang bermata dua. Jika kita tidak menggunakannya secara efisien, efektif dan strategis itu mungkin saja hanya membuang-buang waktu dalam sejarah hidup Anda!

Nah di sini kami akan memberika 5 Hal dalam Social media marketing yang harus anda perhatikan:

1. Bukan tentang angka
Mari kita jeli tentang hal ini. Memang bagus mempunyai ribuan bahkan jutaan follower Twitter dan Facebook pages, tapi kita harus berfikir dua kali untuk mengumpulkan follower yang tidak sama sekali tertarik dengan bisnis yang kita jalani. Ini membuat kita NOWHERE. Tidak ada gunanya mempunyai banyak follower jika tidak benar-benar perduli tentang apa yang kita share di sana. Ini tentang percakapan, hubungan dan keterlibatan, bukan massa.

2. Bukan marketing plan
Partisipasi dalam media sosial dan berbagi informasi dan itu harus karena menjadi salah sati alat yang berharga bagi upaya pemasaran. Jika Anda pikir Anda bisa memposting beberapa tweet, mendapatkan respon dari pengikut dan ajaib bisnis akan muncul, Anda keliru. Jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang. Pemasaran perlu pendekatan multi cabang. Tergantung pada bisnis atau layanan Anda, Anda mungkin perlu media cetak, radio atau iklan TV, mungkin iklan internet atau menghadiri acara bisnis seperti seminar workshop, dan tentunya Anda pasti membutuhkan sebuah website.

3. Stop doing all the talking
Media sosial hanya berharga ketika siklus dua arah. Anda berbagi informasi, yang lain berkomentar, Anda menerima informasi dan menawarkan kontribusi kepada orang lain. Informasi dan percakapan keluar masuk. Mendengarkan sama berharganya dengan berbicara.

4. Hasil tidak selalu berbanding lurus dengan usaha
Semakin banyak waktu yang Anda habiskan di media sosial, hasil yang lebih baik Anda dapatkan, begitu bukan? Yang salah. Pada titik tertentu, tambahan waktu yang Anda habiskan untuk berkomunikasi di media sosial hanya membuang-buang waktu Anda. Yang mana waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk hal-hal lain seperti bertemu mitra bisnis, menjual dll. Tentukan terlebih dahulu berapa banyak waktu yang wajar untuk social media dalam upaya pemasaran Anda.

5. Tidak terjadi dalam semalam
Jangan mencoba untuk mengikuti 10.000 orang sekaligus. Anda hanya akan tampil sebagai spammer. Jadilah cerdas, membangun “jaringan” Anda secara bertahap dan konsisten. Jadilah selektif, targetkan, dan jelas tentang apa tujuan Anda.

Satu Tips Terakhir, media sosial seharusnya tidak hanya berguna, tapi juga menyenangkan dan menarik. Jika Anda tidak belajar hal-hal baru, menarik dan bertemu orang-orang baru yang luar biasa. maka Anda telah melakukan hal yang salah dan besar kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan hasil dari apa yang Anda lakukan. Yuk bisnis online.


Leave A Response